a

a

Minggu, 01 Desember 2013

Perlunya Inovasi dalam Pembelajaran



Apabila kita cermati sebuah inovasi akan menimbulkan konsekuensi, sebuah inovasi jangan dipandang dari sisi negatifnya. Inovasi merupakan hal yang perlu dilakukan dalam pembelajaran. Permasalahan pendidikan sangatlah kompleks,dari masalah sumber daya manusia, mutu, metode, sarana prasarana, media dan sebagainya. Peningkatan mutu pendidikan diperlukan inovasi. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan pembelajaran berbasis alam lingkungan. Pembelajarn berbasis alam lingkungan ini cocok untuk pembelajaran sains. Obyek yang dipelajari dalam pembelajaran sains adalah hal-hal yang ada di alam dan lingkungan sekitar baik hayati maupun non hayati. Dengan pemanfaatan alam dan lingkungan, maka siswa dapat meningkatkan pemahaman materi pelajaran karena dapat mengamati secara langsung dan tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Santyasa (2005:5) bahwa pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang bersifat student centered yang artinya pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkontruksi pengetahuan secara mandiri  dan dimediasi oleh teman sebaya.
Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan menciptakan pembelajaran student centered. Menurut Marsaja (2007) keunggulan pembelajaran inovatif adalah
1.      Kualitas hasil belajar yang dicapai menjadi lebih tinggi
2.      Lingkup hasil belajar menjadi komprehensif
3.      Pembelajaran inovatif tidak saja menekankan pada hasil belajar kognitif tetapi juga hasil belajar proses dan sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar